Wednesday, 29 May 2013

Hey yo, no myth!

Mitos biasanya diartikan sebagai cerita rakyat, dimana kejadiannya  pada masa lampau, sering berkaitan dengan kejadian supranatural , dan dianggap benar-benar terjadi pada sebagian orang.

Indonesia memiliki banyak mitos seiring banyak kepulauan yang dimilikinya. Hampir semua daerahnya memiliki  urban legend atau mitos tentang daerah setempat. Di suku Sunda kita kenal dengan sebutan ‘pamali’ yang artinya jangan dilakukan jika tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi padamu.

Misalnya mitos jangan duduk di dekat pintu, nanti akan susah mendapat jodoh. Jangan memakai payung dalam ruangan, akan mengundang keburukan, bla.. bla.. blaa. Pikir saja, memang tidak ada baiknya duduk  di depan pintu dan memakai payung dalam ruangan. Jika duduk di depan pintu, jelas sudah akan mengganggu orang yang lewat. Juga jika memakai payung dalam ruangan jelas tidak ada gunanya, karena tidak sedang menghindari panas atau hujan.

Mitos mungkin diciptakan untuk memengaruhi khalayak yang tidak memiliki pengetahuan tentang hal yang di'mitos'kan. Mungkin juga berfungsi untuk kontrol sosial pada waktu itu. Mitos juga mungkin diciptakan untuk mempersusasi orang kurang pengetahuan agar menjauhi sesuatu yang bukan menjadi urusan mereka.

Di sejumlah keraton daerah, ada larangan menyentuh pusaka-pusaka. Mitos disebarkan jika menyentuh maka hal buruk akan terjadi pada orang yang menyentuhnya. Itu mungkin hanya disebarkan agar orang menjauhinya dan pusaka tersebut tidak cepat rusak serta tetap awet.


Keep our heritage, but please, be a smart young generation!

No comments:

Post a Comment